Friday, January 7, 2011

The Social Network

"You don't get to 500 million friends without making a few enemies", sebuah quote dari Mark Zuckerberg dalam biografi filmnya "The Social Network", sebuah film yang inspiratif dan lumayan membuat telinga dan mata harus tetap fokus agar tidak terlewatkan setiap baris perkataan dari Mark (Jesse Eisenberg) Zuckerberg dalam film ini. Ya pelafalan yang sangat cepat dalam berbicara membuat kita yang tidak terbiasa dengan bahasa inggris akan tercengang hehehe.. paling tidak itulah yang pertama kali saya rasakan saat menonton film ini.

Film yang memiliki rating 8.2 dari 10 di imdb ini merupakan sebuah film yang mengupas awal mula dari sebuah jejaring sosial yang kini hampir semua orang di dunia ini menggunakannya, yaitu Facebook. Meskipun Mark Zuckerberg sendiri mengatakan disini bahwa Dia tidak ingin dibuatkan biografi tentangnya setidaknya saat dia masih hidup, namun film ini meraih keuntungan yang sangat besar di akhir tahun lalu.

Film yang bercerita mengenai kehidupan kampus sang billionaire termuda ini dimulai dari sengketa antara dia dan seorang wanita di Harvard, yang akhirnya memberikan sebuah ide untuk menjahili wanita tersebut. Sesuai dugaannya jaringan Harvard University pun mati total dan dia mendapatkan 20000 page request dalam waktu 2 jam. Fenomenal...


Hal itu pun menarik tiga orang mahasiswa lain pula yang ingin membuat sebuah jejaring yang bisa menghubungkan setiap mahasiswa Harvard. Dan Mark pun menyetujuinya. Dari sinilah sengketa-sengketa berasal. Sisanya silakan saksikan sendiri. Intinya anda pasti akan terkesima dengan cara berpikir Mark Zuckerberg yang tidak biasa.

Film yang beralur mundur ini berdurasi 120 menit dan isinya hampir 90% percakapan cepat antara Mark dan rekannya. Saya jamin anda tidak akan tertidur saat mendengar ide-ide brillian Mark untuk Facebook. Mark yang tidak mengejar keuntungan pun akan membuat kita sangat terinspirasi. Bahkan saat dia ditawari untuk menjual Facebooknya dengan uang yang sangat banyak, Mark menjawab "It's not because of the amount of money. For me and my colleagues, the most important thing is that we create an open information flow for people" Waw gimana ga keren tuh si Mark. 


Saya mengagumi inspirasi dari Mark Zuckerberg ini, hanya sayang dia seorang Atheis. Tapi inspiratif dan benar-benar membumi. Salut 

2 comments:

  1. bukan 2rb,, tp 22rb page request within 2hours gan ;)

    ReplyDelete
  2. oh gitu ya ... wkwkwkwk dah di edit :D

    ReplyDelete